GeA Tour & Travel

GeA Tour & Travel
News Update :
Home » » Jadilah Guru Yang Luar Biasa Dengan Memberi Inspirasi

Jadilah Guru Yang Luar Biasa Dengan Memberi Inspirasi

March 04, 2013 6:01:00 PM


The mediocre teacher tells. The good teacher explains. The superior teacher demonstrates. The great teacher inspires.” – William Arthur Ward


Tugas guru adalah tugas yang mulia yang merupakan profesi yang paling sering menjadi cita-cita favorit masa kanak-kanak. Lewat tangan para gurulah tercipta para ilmuwan, ahli politik, hakim, dokter dan bahkan seorang presiden sekalipun. Dari seorang gurulah kita belajar dari hal yang tidak tahu menjadi tahu, belajar memahami dan berpetualang dalam pengetahuan.


Seringkali guru menghadapi kendala dalam mengajarkan murid-muridnya, berbagai metode dicoba sebagai upaya untuk menyampaikan ilmu yang dimilikinya kepada para peserta didik. Namun seringkali, peserta didik semakin bingung sehingga akhirnya tidak mengerti yang berujung kepada kebosanan.

William Arthur Ward, seorang penulis berpengaruh dari Amerika berkata bahwa guru tingkat menengah hanya bercerita, guru yang baik menjelaskan, guru yang hebat mendemonstrasikan sementara guru yang luar biasa memberikan inspirasi. Memberikan inspirasi kepada anak didik, secara tidak langsung kita memberikan sayap kepada mereka untuk bisa terbang menggapai impiannya dan yakinlah bahwa Anda akan mendapatkan tempat yang paling spesial di hatinya.  

Yang dibutuhkan seorang murid bukanlah hanya ilmu pengetahuan dari gurunya saja, namun yang lebih penting adalah kata-kata inspirasi dan motivasi yang mampu memicu mereka untuk menguasai ilmu pengetahuan tersebut. Mereka bisa belajar dari sumber manapun tentang pengetahuan tersebut, namun inspirasi tersebut jarang bisa ditemukan kecuali dari seorang guru yang luar biasa. 

Seringkali murid-murid yang saya ajarkan bahasa Inggris berkata, "kenapa ya saya lebih mudah memahami ketika bapak yang mengajar, sementara bila guru/dosen mengajar di sekolah/kampus saya sering bingung”;  saya senang dengan cara bapak mengajar karena bapak selalu memberikan kami inspirasi dan motivasi untuk lebih giat lagi belajar”; “kapan lagi bapak mengajar sama kami?”; “kami kangenlah belajar sama bapak”. Sebuah kebanggaan tersendiri  bagi saya mendengarkan ucapan mereka tersebut, padahal saya merasa tidak lebih hebat dari para guru/dosen mereka, namun mungkin karena saya sering memberikan selingan motivasi dan inspirasi selama belajarlah yang menjadi nilai tambah bagi saya.

"A teacher who is attempting to teach without inspiring the pupil with a desire to learn is hammering on cold iron."  (Seorang guru yang mencoba mengajar tanpa menginspirasi muridnya ibarat menempa besi yang dingin)-- Horace Mann

Para siswa tidak menguasai pelajaran bukan karena mereka tidak pintar, melainkan karena kurangnya motivasi dalam diri mereka untuk belajar. Tidak ada manusia yang dilahirkan di dunia dalam keadaan bodoh, namun bagaimana cara dunia memperlakukan merekalah yang membuat mereka terlihat bodoh. Thomas Alva Edison yang hiperaktif dan dianggap bodoh oleh gurunya ternyata mampu membuka mata dunia dengan penemuan bohlamnya, atau Isaac Newton, Albert Einstein, Ludwig Van Beethoven dan orang-orang terkenal lainnya yang dulunya dianggap “BODOH”.

Sayangnya banyak para guru yang kurang mengerti dengan potensi yang dimiliki oleh para anak didiknya sehingga tak jarang tindakan kurang terpuji akhirnya dilakukan seperti mengintimidasi, menghukum bahkan memukul, bahkan yang lebih ekstrim mengeluarkan sang anak dari sekolah. BUTUH GURU YANG LUAR BIASA UNTUK MENGENALI KEMAMPUAN MURID-MURID YANG LUAR BIASA....

Mari belajar memahami dan memberi inspirasi bagi murid-murid kita. Kita tidak akan pernah tahu jika salah satu dari mereka akan menjadi Thomas Alva Edison atau Albert Einstein berikutnya... Sedikit yang kita lakukan saat ini akan berdampak sangat besar di masa depan mereka. Sekarang, bila Anda seorang guru, Anda berada di bagian mana? Apakah Guru Mediocre, Guru Yang Baik, Guru Yang Hebat atau Guru Yang Luar Biasa?

Baca Juga:
Mengajar Ibarat Menuntun Kerbau Membajak Sawah
Masa Lalu Takkan Pernah Bisa Diubah, Berdamai dan Ampunilah
Bersyukur, Cara Ampuh Menghargai Hidup
Berbeda Itu Indah, Hargailah Perbedaan
BE YOURSELF! Terima dan Hargailah Diri Sendiri
UAN: Kisah Mendebarkan Untuk Naik Setingkat Lebih Tinggi


YOU MIGHT ALSO LIKE

1 komentar:

Timo Theo said...

Touch my heart
thank you for remember me how to teach the students... and thank you for the journal

Post a Comment

A good reader always leave comments

 

© Copyright NIAS TOURISM & INFORMATION 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.