GeA Tour & Travel

GeA Tour & Travel
News Update :
Home » » Tips dan Trik Berpidato Dalam Bahasa Inggris

Tips dan Trik Berpidato Dalam Bahasa Inggris

April 09, 2013 7:40:00 AM

"Free speech carries with it some freedom to listen" - Bob Marley

Tak Lama lagi, Speech Contest atau lomba pidato di Gheesuke English Academy (GEA) akan dilaksanakan, tepatnya tanggal 25 April 2013 mendatang 8 (delapan) orang peserta akan bersaing untuk menampilkan pidato terbaiknya. Pastinya masing-masing peserta sudah jauh-jauh hari mempersiapkan diri dan ingin mendapatkan hasil yang terbaik. Seperti halnya kata Bob Marley yang yang merupakan penyanyi reggae dan terkenal dengan lagu "No Woman No Cry"-nya bahwa Kebebasan berpidato/berbicara disertai dengan kebebasan untuk mendengarkan. Orang yang sukses dalam berpidato adalah orang yang terbebas dari tekanan, tidak grogi dan mampu menyampaikan sesuatu hal yang segar di telinga pendengarnya.

Berikut beberapa tips dan trik yang bisa menjadi pedoman dan membantu para peserta untuk mempersembahkan karya terbaiknya.

PETUNJUK TENTANG CARA MEMENANGKAN LOMBA PIDATO BAHASA INGGRIS

1. ISI PIDATO 

PENGEMBANGAN PIDATO ( Skor 10%)

Struktur dan Pengaturan isi Pidato

  1. Pembukaan yang menarik perhatian
  2. Isi Pidato
  3. Kesimpulan
 Catatan :

* Cara mencari perhatian penonton dalam berpidato, sebaiknya merujuk kembali pada Pembukaan
* Jangan lupa untuk memungkinkan reaksi dari penonton seperti tertawa atau ragu-ragu dalam pidato Anda.

Bahan / Materi Pendukung:

  1. Judul: Jelas, tidak ambigu, dan tajam.
  2. Penggunaan alat bantu visual dan / atau alat keperluan pidato: Jika Anda menggunakan alat bantuan visual atau alat bantu pidato lainnya, pastikan Anda dapat menggunakannya dengan benar dan tenang.
  3. Gunakan humor dalam pidato Anda. Ciptakan emosi penonton dan juri!

EFEKTIVITAS PIDATO (Skor 10%)

Pencapaian Tujuan
: Pidato Anda harus memiliki tujuan yang dapat diidentifikasi / dikenali: seperti untuk mendidik, memotivasi, menginspirasi, mengangkat "moral", atau membujuk.

Minat Penonton: Berpidatolah dengan isi positif, dan jangan pernah berisi hal-hal berbau negatif karena tujuan berpidato adalah agar penonton bisa terinspirasi, terhibur, atau diberi informasi. Jangan berbicara tentang topik yang terlalu kontroversial dan mungkin menyinggung beberapa penonton.

NILAI PIDATO (Skor 10%)

Ide, Logika, dan Pemikiran Asli: Cobalah untuk berpidato dengan membahas topik-topik materi terkini yang segar dan baru. Hindari berbicara tentang materi kuno yang kebanyakan orang sudah mengetahuinya.

2. PENYAMPAIAN PIDATO

PENAMPILAN SAAT BERPIDATO (Skor 10%)

Penampilan fisik harus rapi, rambut tidak acak-acakan, pokoknya rapi "menurut" kaidah orang Indonesia pada umumnya.

Bahasa Tubuh saat berpidato: tidak boleh berkeliling di sekitar panggung, gerakan tubuh harus tertata rapi. Pastikan gestur tubuh sesuai dengan suara pidato dan cobalah hindari kelakuan buruk yang sering anda lakukan.(ngu*il, misalnya)

SUARA SAAT BERPIDATO (Skor 10%)

Fleksibilitas: Suara Anda harus bergerak dari satu nada satu ke nada yang lain agar reaksi penonton positif dan terbawa oleh pidato sobat.

Volume: Gunakan berbagai tingkat volume suara untuk menekankan beberapa bagian pidato tersebut. Tapi juga pastikan suara Anda selalu keras dan cukup jelas bagi para penonton agar terdengar jelas seluruh pidato yang anda sampaikan!

CARA PENYAMPAIAN (10%)

Jadilah percaya diri dan profesional. Ketika anda berbicara langsung kepada penonton. Anda harus tahu isi pidato secara menyeluruh; terus berbicara meskipun ada beberapa bagian yang anda lupa. Jangan sampai penonton / juri tahu bahwa anda lupa isi pidato. Intinya selalu antusias dan percaya diri ketika berpidato.


3. BAHASA PIDATO

AKURASI (20%)

Akurasi bahasa dalam bidato sangat penting. Periksalah isi pidato Anda sebelum Mengubah Pronoun (kata ganti) dari orang ketiga (he, she) ke orang pertama (I). Karena hal tersebut bisa mengurangi nilai "bahasa" pidato anda. Dan juga struktur bahasa lainnya.

PENGUCAPAN (10%)

Jika ada kata yang sulit diucapkan, jangan pernah mencoba mengucapkannya, ganti kata tersebut dengan padanan yang sama. Misalnya kata murderous, jika susah diucapkan ganti saja sinonimnya danger.

PEMILIHAN KATA (10%)

Gunakan kata-kata yang mudah dipahami oleh penonton. Meskipun begitu anda harus tetap mengikuti kadiah pemilihan kata yang tepat. Jangan sampai ada kata yang tidak pas diterapkan dalam sebuah pidato. Misalnya saja penggunaan kata non-formal, hey dudes ! What the hell is this speech!! :)

PETUNJUK AKHIR

Praktek, praktek, praktek! Praktek di depan berbagai jenis manusia :) Cobalah berlatih pidato bahasa Inggris anda di depan kawan dekat, saudara dan keluarga, ataupun bapak dan ibu guru bahasa Inggris. Lihatlah respon mereka.... Tanyakan, apa yang kurang dari pidato yang anda sampaikan...

Akhir kata, selamat berjuang dan sukses buat lomba pidatonya. Sampai jumpa dan selamat mempersiapkan diri.


Ref: http://www.englishindo.com/2012/02/memenangkan-lomba-pidato.html


Baca Juga:
GEA: Teaching English for the Needy Students (TEENS)
Agenda Gheesuke English Academy (GEA)

YOU MIGHT ALSO LIKE

0 komentar:

Post a Comment

A good reader always leave comments

 

© Copyright NIAS TOURISM & INFORMATION 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.