GeA Tour & Travel

GeA Tour & Travel
News Update :
Home » , » GEA Mengajar Bahasa Inggris di Pedesaan

GEA Mengajar Bahasa Inggris di Pedesaan

May 20, 2013 9:45:00 PM

Gheesuke English Academy (GEA), sebuah kursus bahasa Inggris di Kota Gunungsitoli yang telah memulai aktifitas belajar-mengajar bahasa Inggris-nya sejak tanggal 7 Mei 2012 yang lalu, pada akhir bulan Mei 2013 ini akan mengembangkan pengabdian dan pelayanannya ke desa-desa dengan mengusung program Mengajar Bahasa Inggris di Pedesaan (MENGABDI). Setelah sukses melaksanakan beberapa kegiatan lomba pada tanggal 23-25 April 2013 yang lalu dalam rangka menyambut ulang tahun pertama kursus bahasa Inggris GEA, serta sukses meluncurkan program TEENS (Teaching English for the Needy Students) yakni dengan memberikan 15 voucher belajar bahasa Inggris gratis di GEA bagi anak-anak dari keluarga yang tidak mampu atau yatim piatu yang telah dimulai pada awal Mei ini. Dengan adanya program MENGABDI ini, tidak ada lagi istilah “Tenga Bahasa Duagu” atau “Lö U’ila Mbalö” bagi siswa/i ketika berhadapan dengan bahasa Inggris.

Siswa/i Tingkat SD sedang menggambar dan membuat komik bahasa Inggris di GEA
Tujuan utama program MENGABDI ini adalah untuk membagi pengetahuan bahasa Inggris kepada anak-anak muda di Kota Gunungsitoli secara khusus dan umumnya di Pulau Nias, dimana bahasa Inggris yang merupakan jendela dunia sangat penting peranannya dalam mengakses informasi, teknologi dan komunikasi di masa kini dan masa depan serta sebagai alat yang merupakan life skill untuk bisa bersaing dalam dunia kerja karena kemampuan bahasa Inggris merupakan syarat utama dalam setiap rekruitment tenaga kerja saat ini; serta memberikan kesempatan kepada anak-anak usia sekolah yang tinggal di pedesaan untuk dapat belajar bahasa Inggris dengan gratis dengan harapan bahwa orang tua dan anak-anak akan memahami betapa pentingnya melanjutkan pendidikan dan adanya kesiapan SDM dalam menyambut Nias sebagai daerah tujuan wisata.
Siswa/i GEA tingkat SMA/SMk & Mahasiswa sedang belajar bahasa Inggris
Konsep program MENGABDI ini adalah dengan menjalin kerjasama dengan masing-masing desa yang menginginkan agar program tersebut dilaksanakan di desanya. Masing-masing pemerintah desa yang berminat dapat mengajukan permohonan ke Gheesuke English Academy (GEA) yang akan menyediakan tenaga pengajar secara gratis ke desa tersebut sementara Pihak desa hanya diminta untuk menyediakan ruang belajar (boleh balai pertemuan), papan tulis serta mengkoordinir anak-anak yang ingin belajar bahasa Inggris.
Peserta kursus & lomba dalam rangka Ulang Tahun GEA yang pertama
GEA akan memberdayakan para siswa/i kursus bahasa Inggris GEA yang sudah berada pada tingkat mahir (Advance level), serta lulusan/ mahasiswa jurusan bahasa Inggris yang sebelumya akan diberikan pelatihan di GEA secara intensif sebelum ditugaskan ke desa-desa. Tujuan pemberdayaan para lulusan/siswa atau mahasiswa jurusan bahasa Inggris adalah untuk menyalurkan bakat dan kemampuan bahasa Inggris yang telah dipelajarinya sehingga mereka dapat mengembangkan metode mengajarnya dengan mengadaptasi dari metode mengajar bahasa Inggris yang dijalankan di GEA dan siap menjadi tenaga pengajar bahasa Inggris yang profesional bila mereka nantinya terjun ke lembaga pendidikan formal. 

Sebagai langkah awal pelaksanaan program, GEA akan membuka pilot projectnya di dusun II Tulumbaho desa Helefanikha Kec. Gunungsitoli Idanoi yang akan dimulai pada tanggal 26 Mei 2013 ini. Konsep belajarnya adalah mengajarkan bahasa Inggris dimulai dari tingkat dasar dengan metode yang kreatif dan menyenangkan. Proses belajar mengajar akan diadakan setiap hari minggu dari pukul 16.00-18.00. 

"Latar belakang saya yang merupakan anak dari petani karet yang miskin dan pernah merasakan sulitnya mengenyam pendidikan dan menggapai cita-cita menjadi pemicu untuk membantu mewujudkan mimpi para anak-anak Nias (khususnya yang tidak mampu) untuk mewujudkan cita-cita mereka salah satunya dengan menyediakan pengajaran bahasa Inggris secara gratis sekaligus sebagai kontribusi saya untuk meningkatkan kualitas SDM masyarakat Nias dibidang pendidikan. Bahasa Inggris telah mengantar saya untuk meraih mimpi dan cita-cita saya sehingga saya terbeban untuk membagikannya kepada orang lain" - Yafaowoloo Gea, SS (Direktur Gheesuke English Academy).

GEA memberikan kesempatan sebesar-besarnya kepada kepada setiap pihak yang terbeban dan ingin mengambil bagian dalam pelayanan program MENGABDI ini untuk memajukan dan mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat Nias. Program ini diharapkan dapat menjangkau desa-desa di kepulauan Nias dalam jangka panjang yang tentunya membutuhkan dukungan tenaga pengajar dan biaya yang cukup besar. 

Bagi lulusan atau Mahasiswa/i jurusan bahasa Inggris yang ingin mengambil bagian sebagai relawan tenaga pengajar dalam program MENGABDI, silakan mengirimkan lamaran dan pernyataan kesediaan menjadi relawan di email: gheesuke@gmail.com atau menghubungi nomor Hp. 0853-7323-5771 atau 0813-7016-3576.

GEA juga sangat membutuhkan biaya untuk menunjang program ini karena direncanakan bahwa setiap tenaga pengajar akan diberikan insentif sebagai pengganti biaya transportasi dan juga untuk biaya operasional program. Bagi bapak/i dan saudara/i yang terbeban untuk mendukung kami dalam penyediaan peralatan belajar/mengajar (buku-buku bacaan bahasa Inggris dan sejenisnya) ataupun dalam bentuk dana dapat disalurkan melalui:

Bank BRI Cabang Gunungsitoli
An. Gheesuke English Academy (GEA)
Acc. No. 0176-01-034067-50-2
Alamat:
Gheesuke English Academy (GEA)
Jl. Pendidikan No. 19A Simp. Sisobahili Kelurahan Ilir
Gunungsitoli 22815, Nias Provinsi Sumatera Utara, Indonesia
Telp. (0639) 22200, Hp. 0853-7323-5771 
Bagi masing-masing desa yang ingin program MENGABDI dilaksanakan di desanya, dapat mengirimkan permohonan pelaksanaan program MENGABDI di alamat tersebut di atas.



YOU MIGHT ALSO LIKE

0 komentar:

Post a Comment

A good reader always leave comments

 

© Copyright NIAS TOURISM & INFORMATION 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.